KI Asep Sunandar Sunarya, Semar Dan Cepot Yang Mendunia

KI Asep Sunandar Sunarya merupakan Sang guru besar wayang golek di tanah air Indonesia. Ki Asep Sunandar lahir di Bandung Jawa Barat, Indonesia pada tanggal 3 September 1955 dengan nama lahir Asep Sunandar Sunarya.

KI Asep Sunandar Sunarya, Semar Dan Cepot Yang Mendunia


Tepat hari ini juga, tepatnya hari Sabtu tanggal 3 September 2016 menjadi hari ulah tahun bagi sang maestro wayang golek Indonesia KI Asep Sunandar Sunarya yang ke 61. Berkat kerja kerasnya selama berkarier didunia seni perwayangan, hari ini halaman pertama situs Google menayangkan Semar dan Cepot sebagai Google Doodle untuk menghormati sang maestro Ki Asep Sunandar Sunarya di hari uleng tahun nya yang ke 61.

Penampilan KI Asep Sunandar Sunarya yang kental dengan tokoh Semar dan Cepot saat ini sudah mendunia. Tokoh Semar dalam perwayang Ki Asep Sunandar Sunarya yang identik dengan Wajah putih, perut buncit dan mengenakan sarung corak kotak – kotak. Sedangkan sosok Cepot adalah tokoh perwayangan dengan wajah merah, gigi tonggos, blangkon warna biru dengan logat bahasa kental dengan nuasa bahasa Sunda. Kini lakon Semar dan Cepot yang cukup populer dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai mendunia.

Kabarkan.com


Semasa hidupnya ! penampilan KI Asep Sunandar bersama lakon Semar dan Cepot sudah melalang buana sampai ke benua Eropa. Tahun 1994, Ki Asep Sunandar, Semar dan Cepot menembus pecinta seni wayang golek luar negeri mulai dari Perancis, Belgia, Swiss, Belanda, dan sampai negerinya Ratu Elizabeth ( Inggris ).

Penghargaan berupa “ Satya Lencana Kebudayaan “ pun disematkan untuk KI Asep Sunandar oleh Presiden Ke-2 Indonesia, Bapak Soeharto.

Tanggal 31/3/2014 di umur 58, akibat serangan jantung ! Ki Asep Sunandar Sunarya meninggal dunia. Walaupun demikian, lakon Semar dam Cepot yang kental dengan sang dalang Ki Asep Sunandar Sunarya masih dapat kita lihat di satsiun tv NET TV dan iNews TV.

Biodata Asep Sunandar Sunarya

Nama Lahir : Asep Sunandar Sunarya
Nama Populer : KI Asep Sunandar Sunarya
Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Tanggal Lahir : 31 Maret 1955
Tahun Aktif : tahun 1970 sampai 2014
Pekerjaan : Dalang
                     Seniman
Agama : Islam
Nama Pasangan : Euis Garnewi
                    Elas Sulastri
                    Ati
                    Sumirat
                     Nenah Hayati
Nama Anak : Maesaroh
                       Dadan Sunandar
                       Dani Andylau
                       Gina Tridasanti
                       Elin
                       Cipta Dewa
                       Bhantara Sena
                       Aria Sadewa
                      Sunan Purwa Aji
                      Yogaswara Sunandar
                      Gysta Gumilar Agustina
Nama Ayah : Abah Sunarya


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com


0 komentar:

Poskan Komentar