Guncangan Gempa Subang Terasa Hingga Ibu Kota Jakarta

Wilayah kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia pada hari ini Rabu 19 Oktober, pukul 07. 25 WIB  diguncang gempa dengan kekuatan 6,5 skala Richter. Guncangan gempa Subang yang berpusat di laut Jawa di kedalaman 120 km dan kedalaman 654 km terasa hingga Ibu Kota Jakarta.

Guncangan Gempa Subang Terasa Hingga Ibu Kota Jakarta


Meski jarak antara Kabupaten Subang dan Ibu Kota Jakarta cukup jauh, berkisaran 134, 7 KM. Kendatipun terasa lemah guncangan gempa Subang masih terasa di berbagai daerah Ibu Kota seperti, Jakarta, Bogor,  Bekasi, Cirebon, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Sumedang dan Cilegon.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Sutopo Purwo Nugroho, jenis gempa yang terjadi di Subang pagi tadi adalah jenis gempa magnitudo dengan kekuatan gempa mencapai 6,5 skala Richter dengan pusat gempa berada di dalam empeng Eurasia, bukan terdapat pada subduksi lempeng.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho menambahkan, kejadian gempa yang terjadi di Subang cukup aneh ? karena pusat gempa tidak terjadi pada daerah – daerah sesar atau subduksi yang sering terjadinya gempa, tetapi terdapat diadalam lempeng Eurasia.

Meski tidak sampai menimbulkan tsunami, namun warga Subang yang pemukimanya terletak dipinggir pantai diharap waspada. Sealain Ibu Kota Jakarta, guncangan gempa Subang yang terjadi pada hari Rabu,  19 Oktober pukul 07. 25 WIB guncangan gemapa nya terasa samapai daerah lain nya seperti, Jawa Barat, Utara Banten dan sekitarnya.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com


0 komentar:

Poskan Komentar