7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar sangat diinginkan oleh seluruh umat Islam. Umat Islam yang beriman percaya Laitul Qadar atau Lailat Al-Qadar merupakan satu malam yang sangat istimewa pada bulan Ramadhan yang ditetapkan oleh Allah SWT sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar


Berasal dari bahasa Arab, lalitul Qadar diartikan juga sebagai Malam ketetapan karena pada satu malam Bulan Ramadhan tersebut kitab suci Al-Qur’an diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW untuk jadi pedoman hidup manusia. Dan Allah SWT juga menetapkan barang siapa yang beribadah dimalam tersebut maka pahala atas nya di ibaratkan lebih dari shalat dan puasa dari seribu bulan atau 83 tahun lamanya.
Dari Aisyah RA yang mengatakan : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan dan dia ( Nabi Muhammad SAW ) bersabda yang artinya :
“ Carilah malam lailatul Qadar di ( Malam Ganjil ) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan “ ( HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169 ).

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kita umat Islam untuk berdoa dan beribadah saat Lailatul Qadar, karena Insya Allah doa-doa dimalam Lailatul Qadar akan dikabulkan dan dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

Berikut 7 Keistimewaan malam Laitul Qodar yang dapat kita lihat dalam Al-Qur’an

7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

1. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Lebih Baik Dari Seribu Bulan

QS. Al Qadar: 3
Artinya : Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan

2. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Dikisahkan Al Qur’an Diturunkan

QS. Ad Dukhan ayat 3-6. 44:3
Artinya : 3) Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. 4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 5) Malam itu ( penuh ) kesejahteraan sampai fajar. 6) Sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sungguh, Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

3. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar sebagai Malam Yang Penuh Keberkahan

QS. Ad Dukhan:3
Artinya : Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan

4. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Malaikat Dan Ar Ruuh malaikat Jibril Turun ke Bumi

QS. Al Qadar: 4
Artinya : Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

5. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar disifati Dengan Salaam

QS. Al Qadar : 5
Artinya : Malam itu ( penuh ) kesejahteraan sampai terbit fajar.

6. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Sebagai Malam Dicatatkanya Takdir Dalam Setahun

QS. Ad Dukhan: 4
Artinya : Pada ( malam itu ) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.

7. Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Yang Menghidupkan Malam Lailatul Qadar maka Dosa-dosanya akan diampuni

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW, bersabda yang Artinya :
“ Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah. Maka dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni “ (HR. Bukhari.1901).

Lengkap sudah sajian informasi yang dapat saya sajikan tentang “ 7 Keistemewaan Malam Lailatul Qadar “. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk para sahabat pembaca diaman pun anda berada. Kurang lebihnya saya minta maaf dan terima kasih.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com