8 Tips Mudik Lebaran Secara Aman, Nyaman Dan Selamat Sampai Tujuan

Mudik pulang ke kampung halaman menjelang lebaran tiba memang sudah menjadi bagian tradisi dari masyarakat kita pada umumnya. Dapat berkumpul bersama keluarga besar di kampung menjadi moment yang sangat dinantikan setelah setahun penuh merantau atau bekerja diluar kota.

8 Tips Mudik Lebaran Secara Aman, Nyaman Dan Selamat Sampai Tujuan



Jarak tempuh yang jauh serta macet akibat menumpuknya jumlah kendaraan saat mudik lebaran, menjadi kendala yang sering dialami oleh pemudik dalam perjalanan. Selain dibutuhkan stamina yang fit, anda harus membutuhkan tips-tips jitu agar perjalan mudik lebaran anda terasa aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. Untuk itu, berikut saya sajikan informasi penting tentang 8 tips mudik lebaran secara aman, nyaman dan selamat sampai tujuan

1. Tips mudik Lebaran yang pertama ialah menyiapkan daftar bawaan. Hal ini sangat penting dilakukan, sebab jika kita sudah dari jauh – jauh sudah mempersiapkan daftar bawaan maka pas hari H nya tiba semuanya akan terasa mudah. Usahakan agar membawa barang yang penting-penting saja.

2. Jika anda hendak melakukan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil ? hendaklah terlebih dahulu periksa kondisi kendaraan anda mulai dari kondisi mesin, ban, rem sampai perlengkapan kunci – kunci kendaraan anda mulai dari obeng, tang, dongkrak, kunci pas dan kondisi kendaraan lainnya.


3. Setelah kondisi kendaraan pribadi anda sudah diperiksa dan layak untuk menempuh perjalanan mudik yang jauh. Untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan diperjalanan seperti kendaraan mogok dijalan, hendaklah membawa sparepart cadangan seperti, lampu, busi, tali rem, tali kompling, ban serep/cadangan dan lain – lainnya.

4. Tidak semua orang bisa melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi. Apabila anda akan melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan umum seperti, bus, kereta api sampai pesawat terbang. Saya sarankan pesanlah tiket kendaraan tersebut dari jauh-jauh hari. Hal ini, untuk mengatisipasi tingginya harga tiket kendaraan jelang mudik lebaran tiba.


5. Menjaga kondisi tubuh menjelang keberangkatan mudik lebaran menjadi hal yang sangat penting. Untuk dapat melakukan perjalanan mudik lebaran secara aman, nyaman dan sampai tujuan anda harus mempunyai kondisi tubuh yang prima dan sehat tentunya.

6. Perlengkapan isi kotak P3K seperti obat anti mabuk, obat sakit kepala sampai minyak angin sangat dihutuhkan dalam menempuh perjalanan mudik yang cukup jauh.


7. Mematuhi rambu – rambu lalu lintas dijalan sangat menunjang perjalanan mudik lebaran anda secara aman, nyaman dan selamat tujuan.

8. Tips mudik lebaran secara aman, nyaman dan selamat tujuan yang selanjutnya adalah berdo’a. Sebelum melangkahkan kaki keluar dari rumah, hendaklah berdo’a agar perjalanan mudik lebaran anda aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Baca Juga : 7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Baca Juga : Kata Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017 Terbaru

Itulah 8 tips mudik lebaran secara aman, nyaman dan selamat sampai tujuan yang dapat anda jadikan sebagai panduan saat hendak mudik lebaran dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Semoga 8 tips perjalanan mudik lebaran diatas dapat memberikan manfaat dan terima Kasih



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com