Biodata Katsuko Saruhashi, Inspirasi Ilmuwan Perempuan Di Google Doodle

Pada hari ini, Kamis (22/03/2018 ) menjadi hari ulang tahun bagi Katsuko Saruhashi yang ke-98. Untuk menghormati semua jasa – jasa Dr. Katsuko Saruhashi yang telah menjadi sebagai perempuan ilmuwan inspirator khususnya perempuan, Google menjadikannya sebagai Google Doodle hari ini.

Biodata Katsuko Saruhashi, Inspirasi Ilmuwan Perempuan Di Google Doodle


Katsuko Saruhashi merupakan perempuan ilmuwan inspirator berkebangsaan Jepang. Katsuko Karuhashi menjadi geokimiawan yang pertama kali mengukur kandungan karbon dioksida ( CO2 ) di air laut dan memaparkan bukti bahaya luruhan radioaktif di air laut dan atmosfer. Katsuko Karuhashi lahir di Tokyo, Jepang pada tanggal 22 Maret 1922 dan tutup usia pada 29 September 2009.

Katsuko Saruhashi mempunyai keinginan yang ingin melihat perempuan dapat berkontribusi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi pada posisi sejajar dengan para pria.

Tahun 1957, Katsuko Saruhashi menjadi perempuan pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam bidang kimia dari Universitas Tokyo, Jepang. Sebelumnya, Katsuko Saruhashi lulus dari Perguruan Tinggi Sains wanita Kekaisaran Jepang pada tahun 1943.

Setelah mendapatkan gelar doktor dalam bidang kimia, Katsuki Saruhashi bergabung dengan Institut Penelitian Meteorologi milik Observatorium Metereologi Pusat atau saat berganti nama menjadi Badan Meteorologi Jepang.

Saat usianya masih muda, saat masih duduk dibangku sekolah dasar sambil melihat keluar jendela menatap tetesan air hujan yang meluncur turun dari jendela, Katsuko Saruhashi bertanya-tanya apa yang menyebabkan hujan turun.

Sebagai seorang geokimian perempuan pertama, Katusko Saruhashi terkenal sangat inovatif. Saruhashi ialah oarng yang pertama kali mampu mengukur secara akurat mengukur asam karbonat ( H2CO2 ) dalam air berdasarkan suhu, pH level dan chlorinty. Hasilnya, munculah “ Saruhashi’s Table “ metodologi yang sangat membantu bagi seluruh para ahlu kelauta diseluruh dunia.

Tahun 1963, Katsuko Saruhashi mengembangkan teknik untuk melacak perjalanan paparan radioaktif melintasi samudera yang menyebabkan pembatasan eksperimen nuklir samudera.

Tahun 1980, Katsuko Saruhashi menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Jepang. Selama 35 tahun kariernya, Katsuko Saruhashi telah banyak mendapatkan penghargaan bergengsi dibidang ilmu pengetahuan

Penghargaan Yang Sudah Diraih Oleh Katsuko Saruhashi


  • Tahun 1958 – Pendiri Perkumpulan Ilmu pengetahun Jepang untuk memperkenalkan perempuan dalam ilmu pengetahuan dan membantu menjaga perdamaian dunia.
  • Tahun 1979 – Direktur Eksekutif Laboratorium Geokimia
  • Tahun 1980 – Perempuan pertama yang menjadi anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Jepang
  • Tahun 1981 – Avon Special Prize for Women 
  • Tahun 1981 – Perintis Saruhashi Prize
  • Tahun 1985 – Perempuan pertama yang dianugerahi Miyake Prize untuk geokimia
  • Tahun 1993 – Tanaka Prize dari Society of Sea Sciences


Biodata Katsuko Saruhashi

Nama Lahir : Katsuko Saruhashi
Tempat Lahir : Tokyo, Jepang
Tanggal Lahir : 22 Maret 1920
Meninggal : 29 September 2007 ( umur 87 )
Kebangsaan : Jepang
Bidang : Geokimia
Almamater : Perguruan Tinggi Sains Wanita Kekaisaran Jepang ( pendahulu Universitas Toho )
Institusi : Institut Penelitian Meteorologi, Badan Meteorologi Jepang

Atas semua jasa yang telah diberikan oleh Katsuko Saruhashi dibidang ilmu pengetahuan dan menjaga perdamaian dunia, hari ini Google Doodle rayakan Hari Ulang Tahun Katsuko Saruhashi yang ke-98.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com