Niat Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Do’a Berbuka Puasa

Niat Puasa Ramadhan - Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang dikerjakan oleh seluruh umat Islam di bulan suci Ramadhan atau bulan kesembilan pada penggalan Hijriah. Nabi Muhammad SAW mengangkat kedua tangannya dan bersabda tentang bulan Ramadhan : janganlah engkau memulai puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Ramadhan dan janganlah berhenti puasa sebelum engkau melihat hilal awal bulan Syawal. Apabila tertutup awan, maka hitunglah ( 30 Hari ).

Puasa merupakan ibadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari makan dan minum dan dari segala sesuatu yang dapat membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Ibadah puasa juga dapat mensucikan dan membersihkan jiwa dari segala perbuatan dan perkataan yang tercela serta tubuh kita akan menjadi sehat.

Baca Juga :


Adapun syarat umat Muslim yang wajib menjalankan ibadah puasa Ramadhan ialah baliqh ( laki-laki/perempuan ), sehat, berakal ( tidak gila ), mengetahui kewajiban puasa, memahami waktu masuknya, tidak dalam perjalanan ( musafir, wanita yang tidak dalam keadaan halangan haid/nifas. Dan apabila semua syarat wajib menunaikan ibadah puasa ramadhan diatas sudah terpenuhi maka diwajibkan bagi kamu untuk berpuasa, jika ibadah puasa ramadhan sengaja ditinggalkan tanpa ada halangan, maka dosa besar dan penting dipertimbangkan kembali keislamannya karena ibadah puasa ramadhan adalah salah Rukun Islam.

Adapun tata cara kita melaksanakan ibadah puasa diawali dengan niat untuk berpuasa, waktu berpuasa, sahur, perkara yang membatalkan puasa, perkara yang wajib ditinggalkan ketika berpuasa, yang boleh dilakukan ketika berpuasa dan berbuka puasa.

Nah bagi anda, khususnya umat Muslim yang masih belum mengetahui tentang niat puasa ramadhan, berikut akan saya kabarkan tentang “ Niat Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Do’a Berbuka Puasa “.

Niat Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Do’a Berbuka Puasa




Lengkap sudah informasi yang dapat saya kabarkan tentang “ Niat Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Do’a Berbuka Puasa “. Semoga dapat bermanfaat untuk para sahabat pembaca dimanapun anda berada. Kurang lebihnya saya minta maaf dan terima kasih



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com