Inilah Tanda Tanda Malam Lailatul Qodar Yang Paling Pasti

Setiap bulan Ramadhan tiba, setiap mukmin berlomba – lomba dalam mencari amal kebaikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat disisi Allah Ta’ala. Selain itu, kita diperintahkan untuk mencari  malam Laitul Qodar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan.

Inilah Tanda Tanda Malam Lailatul Qodar Yang Paling Pasti


Ya.......mendapatkan malam lailatul qodar memang sudah menjadi dambaan bagi setiap mukmin yang taat beribadah kepada Allah Ta’ala. Malam laitul qodar merupakan satu malam yang penting yang terdapat pada bulan Ramadhan yang mana malam tersebut pahalanya diibaratkan lebih baik dari seribu bulan. Apabila kita ingin mendapatkan kemuliaan malam laitul qodar, maka kita harus bersungguh – sungguh dalam beribadah dan menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah.

“ Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, lihat Jaami’ul Ahadits 18: 361. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no. 5475).

Pada tahun 2018 ini, pemerintah Indonesia telah menetapkan Ramdhan 2018 pada 17 mei sampai 14 juni 2018. Jika dilihat dari tanggal tersebut, maka malam Laitul Qodar pada tahun 2018  ini diperkirakan akan jatuh pada 27 mei, 29 mei, 31 mei, 1 juni , 3 juni , 5 juni , 7 juni , 9 juni , 11 juni sampai 13 juni 2018.

Baca Juga : 7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Nah sesuai dengan tema diatas tentang “ Inilah Tanda Tanda Malam Lailatul Qodar Yang Paling Pasti “ berikut informasinya.

Inilah Tanda Tanda Malam Laitul Qodar Yang Paling Pasti

Tanda tanda malam Laitul Qodar yang pertama ialah pada malam tersebut udara dan angin pada malam itu terasa tenang. Tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Seperti halnya diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rosullulah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً

“ Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin ( HR. Ibnu Huzaimah ) “.

Tanda tanda malam Laitul Qodar selanjutnya ialah pada malam tersebut langit nampak cerah dan sangat terang. Dari Ubadah bin Shamit, ia berkata, Rosullullah SAW bersabda :

أَنَّهَا صَافِيَةٌ بَلْجَةٌ كَأَنَّ فِيْهَا قَمَراً سَاطِعاً سَاكِنَةٌ سَاجِيَةٌ, لاَ بَرْدَ فِيْهَا وَلاَ حَرَّ, وَلاَ يَحِلُّ لِكَوْكَبٍ أَنْ يُرْمَى بِهِ فِيْهَا حَتَّى تُصْبِحَ, وَإِنَّ أَمَارَتَهَا أَنَّ الشَّمْسَ صَبِيْحَتَهَا تَخْرُجُ مُسْتَوِيَةً, لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ مِثْلَ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ, وَلاَ يَحِلُّ لِلشَّيْطَانِ أَنْ يَخْرُجَ مَعَهَا يَوْمَئِذٍ.

“ Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” ( HR. Ahmad ) “.

Pada malam Lailatul Qodar, ibadah yang kita lakukan pada malam tersebut akan terasa lebih tenang dibandingkan dengan malam – malam yang lainnya. Karena pada malam lailatul qodar malaikat – malaikat akan turun ke bumi, Allah SWT berfirman :

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا

“ Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril,” ( QS. Al-Qadar: 4 ) “.

Tanda tanda Laitul Qodar selanjutnya adalah Pada pagi harinya, cahaya matahari tidak terlalu panas ( redup ) karena cahaya malaikat mengalahkan cahaya matahari dan berwarna putih tanpa memancarkan sinar kesegala penjuru. Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu’anhu, ia berkata :

هِىَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِى صَبِيحَةِ يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لاَ شُعَاعَ لَهَا

“ Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” ( HR. Muslim no. 762 ) ”.

Selain dari tanda- tanda diatas, malam laitul qodar juga diperlihatkan oleh Allah Ta’ala lewat mimpi orang mukmin. Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, Rosullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“ Aku tahu bahwa kalian melihat lailatul qadar pada tujuh hari terakhir Ramadhan. Siapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya, maka carilah di tujuh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” ( HR. Bukhari-Muslim ) “.

Dari semua tanda – tanda malam laitul qodar diatas dapat kita simpulkan, bahwa tanda - tanda yang pasti dari Laitul Qodar ialah adanya perubahan dalam kepribadian kita dari sebelum bulan Ramadhan sampai seterusnya yang berubah menjadi lebih taqwa lagi kapada Allah Ta’ala.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kabarkan.com